Pages

Senin, 12 Maret 2018

Contoh Simbiosis Mutualisme Antara Protozoa Dan Alga


Neng Fitri Agistina (1157020054)

Simbiosis mutualisme merupakan hubungan antara dua populasi mikroba yang saling menguntungkan. Hal ini sangat efektif dan tidak dapat digantikan oleh spesies lain. Pada hubungan ini biasanya akan ada satu jenis mikroorganisme yang menyediakan nutrisi bagi mikroorganisme lain begitupun sebaliknya.
Contohnya yaitu interaksi mutualisme antara protozoa dengan alga, misalnya spesies Didinium dengan alga hijau. Didinium merupakan ciliata yang menghuni ekosistem yang perairan. Didinium berbentuk hampir menyerupai bola, iya memiliki makronukleus yang berwarna agak gelap dan tampak seperti dua mata jika dilihat secara sekilas. Spesies ini juga memiliki mulut sel atau sistosoma dan silia yang mengelilingi tubuhnya.

Gambar 1 Didinium Sp.
Sumber: (Slonczewski and John, 2017)

 Interaksi mutualisme antara keduanya yaitu Didinium sebagai inang untuk alga. Alga merupakan mikroorganisme yang dapat menghasilkan oksigen karena melakukan fotosintesis dan Didinium akan mendapatkan oksigen yang cukup dari peristiwa fotosintesis dan zat organik yang digunakan sebagai energi, hal tersebut akan menguntungkan bagi Didinium juga untuk alga yang akan mendapatkan gas CO2 hasil dari pernafasan Didinium, gas CO2 tersebut akan digunakan oleh alga untuk membentuk suatu zat organik. Hal ini perlu dilihat kondisi lingkungannya terlebih dahulu apabila tidak terdapat cahaya atau kondisi lingkungan tersebut gelap, maka alga tidak akan bisa berfotosintesis, hal tersebut dapat menyebabkan interaksi mutualisme ini berlangsung karena tidak akan ada nutrisi yang masuk terhadap protozoa atau Didinium. Akan tetapi apabila faktor lingkuknganpun menguntungankan bagi alga maupun Didinium, maka interaksi antara keduanya yaitu sama-sama akan mendapatkan keuntugan.

*Referensi:
Syauqi, Ahmad. 2017. Mikrobiologi Lingkungan Peranan Mikroorganisme Dalam Kehidupan. Yogyakarta: CV Andi Offset
Slonczewski, Joan and John Foster. Microbiology An Evolving Science. Notebook 2017. Diakses tanggal 12 Maret 2018.

0 komentar:

Posting Komentar